Bupati Kendal Mirna: Masyarakat Kendal Boleh Mengusulkan Ide Untuk Memajukan Daerah

Pasangan Bupati Mirna-Masrur(KelilingKendal.com, 06/02/16) Saat kampanye, Bupati Kendal terpilih, Mirna Annisa bersama wakilnya, Masrur Masykur menyatakan bahwa program prioritas yang diusungnya adalah: pendidikan, kesehatan, dan akses jalan yang mulus. Namun demikian, masyarakat boleh mengangkat ide lain untuk bisa memajukan Kabupaten Kendal.

“Masyarakat bisa memiliki ide-ide lainnya untuk memajukan daerahnya. Kalau soal jalan masih jelek, maka selamanya masyarakat akan terus berkutat soal jalan terus. Jadi, daerah akan sulit berkembang dan maju,” kata Mirna kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin, 31 Agustus 2015.

Lebih lanjut Mirna menyatakan, pembangunan daerah tidak bisa hanya terpusat atau menggantungkan pada daerah perkotaan saja, tapi harus merata dan dimulai dari daerah pinggiran atau pedesaan. Hal tersebut selaras dengan program Nawacita Presiden Jokowi poin ke-3: Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerahdaerah dan desa dalam rangka negara kesatuan.

Pernyataan ini tentunya mengandung makna bahwa masyarakat kini tidak boleh hanya sekedar menggantungkan uluran tangan pemerintah, namun secara bersama bekerja untuk membangun diri dan daerahnya.

Ada sejumlah program yang bisa masyarakat Kendal usulkan kepada pemerintah kabupaten. Beberapa contoh berikut mungkin dapat memberikan inspirasi:
1. Peningkatan teknologi pertanian, seperti perbaikan sistem irigasi, penggunaan pompa air tenaga surya
2. Peningkatan & Pengembangan Peternakan Kambing, Sapi, Kerbau, Unggas
3. Peningkatan Pertanian & Industri Garam
4. Peningkatan Perikanan & Industri Bandeng
5. Peningkatan Perikanan & Industri Hasil Laut, seperti rajungan, kepiting, ikan tongkol, dsb.
6. Pengawasan harga pertanian, peternakan, dan hasil laut
7. Program Hutan Rakyat, khususnya tanaman Sengon, Jati, karet di daerah Boja, Pageruyung dan yang lainnya.
8. Pembenahan & pengembangan wisata alam kendal: pemandian air panas gonoharjo, goa kiskendha, air terjun curug sewu
9. Pengadaan event/kegiatan daerah dan nasional: kendal batik carnival, seminar & workshop: pendidikan, wira usaha/kreatif, kesehatan, teknologi; konferensi budaya temanggung bahurekso, MTQ di Kaliwungu
10. Pembinaan & Pengembangan Industri Kreatif: Batik, Kerajinan Ukir, Seni, Musik, Internet/Teknologi IT
11. Pengoperasian kawasan industri kendal yang mampu menyerap tenaga kerja lokal dan ramah lingkungan
12. Pengoperasian Pelabuhan Kendal

Pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri, rencananya akan melantik Bupati dan Wali Kota terpilih hasil Pilkada 2015, yang tidak ada gugatan dan belum ada keputusan sengketa oleh Mahkamah Konstitusi, pada 15 Februari 2016. Masyarakat kini semakin cerdas dan dapat mengawal jalannya pemerintahan, baik pusat maupun daerahnya sendiri, serta ikut berpatisipasi di dalamnya.

Diolah dari sumber:
http://www.radarsemarang.com/2015/09/01/perbaikan-jalan-desa-jadi-prioritas-mirna.html
http://www.suarakendari.com/15-februari-mendagri-lantik-bupati-terpilih.html

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *