Pelabuhan Tanjung Kendal Resmi Beroperasi Hari Ini

(Kendal, 21/02/16) Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meresmikan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Kendal di Kaliwung, Kendal, hari ini, Minggu, 21 Februari 2016.

Semula pelabuhan ini akan diresmikan Agustus 2015 lalu. Hingga saat ini fasilitas penunjang masih diadakan. Sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi diantaranya adalah balai karantina hewan dan tumbuhan, tempat pelayanan kesehatan, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, dan kantor ASDP Ferry Indonesia selaku pihak yang menangani pengoperasian Kapal Motor Penumpang (KMP) Kalibodri. Pembangunan Pelabuhan Tanjung Kendal sudah dimulai sejak jaman Bupati Kendal Hendri Bundowo yang memerintah kabupaten ini beberapa periode yang lalu.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas perhubungan & informatika Kabupaten Kendal, Subarso, pembangunan Pelabuhan Tanjung Kendal menelan biaya Rp645 miliar. Pelabuhan yang dibangun di atas lahan seluas 63 hektar area ini mengakomodir kebutuhan penumpang dan niaga. “Akses jalan, dermaga, bangunan, breakwater, pembebasan lahan, telah selesai dan siap dioperasionalkan,” kata Subarso.

Beberapa waktu lalu telah dilakukan uji coba pelayaran perdana dengan meluncurkan KMP Kalibodri tujuan Kendal-Kumai, Kalimantan Tengah pada Sabtu (6/2).

Kementerian Perhubungan mengalokasikan dana subsidi selama enam bulan untuk melayani 84 trip/ perjalanan. Jadwal perjalanan KMP Kalibodri seminggu sekali, dari Kendal berangkat Sabtu, sedangkan dari Kumai keberangkatan adalah setiap Senin. Diharapkan dengan pengoperasian pelabuhan ini untuk dapat membuka jalur perdagangan Kendal – Kumai.

Nampak hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo, Staf ahli Ekonomi Kawasan dan Kemitraan, Staf Ahli Logistik Keselamatan dan Multimoda, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, serta Bupati Kendal, Mirna Anisa.

Pelabuhan Kendal - 01 Pelabuhan Kendal - 02 Pelabuhan Kendal - 03

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *