Miliki Potensi Batik, Pemerintah Beri Pelatihan & Sertifikasi Batik di Kendal

Batik Kendal - 02(Kendal, 07/05/16) Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu produk, Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi pelatihan dan Sertifikasi Profesi terhadap para pelaku industrinya. Kegiatan tersebut dilakukan Bekraf di sejumlah kota di Indonesia yang memiliki potensi Batik, diantaranya di Kendal, Jawa Tengah pada 3-5 Mei 2016.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam 3 hari ini terdiri dari pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek)/ pelatihan pada hari pertama, serta sertifikasi profesi hari kedua dan ketiga. Jumlah peserta 100 orang, yang berasal dan diutamakan dari kota tempat pelaksanaan kegiatan dan daerah sekitarnya.

Sasaran yang ingin dicapai Bekraf dalam kegiatan ini adalah agar para pelaku industri batik memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian, serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas yang dimiliki dapat dibuktikan dan dapat diakui oleh seluruh masyarakat dengan dimilikinya sertifikat kompetensi sesuai standar kompetensi kerja nasional (SKKNI) dan atau internasional.

Batik Kendal - 03Sertifikasi profesi batik telah dilakukan secara mandiri sejak berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik pada tahun 2013 yang lalu. Kesadaran akan kompentensi dilingkungan pelaku / pekerja industri batik telah tumbuh terutama pada kota-kota besar yang telah terkenal dengan batik-nya, seperti: Semarang, Yogyakarta, Solo, dan pekalongan. Para pekerja di kota-kota tersebut utuk memperoleh sertifikat kompetensi telah melakukan sertifikasi profesi dengan biaya sendiri.

“Namun bagi pekerja batik yang berada di kota-kota kecil atau di pedesaan, meskipun sadar akan perlunya sertifikat kompeten namun biaya sertifikasi profesi masih dianggap terlalu mahal, maka program Bekraf di tujukan bagi mereka,” kata Bambang Priwanto, Kasubdit Standarisasi & Sertifikasi, Deputi Informasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) & Regulasi Bekraf dalam penjelasan tertulisnya.

Untuk tahun 2016 ini Bekraf merencanakan fasilitasi program Pelatihan & Sertifikasi Profesi Pekerja Batik pada 6 Kota di Indonesia. Yang sudah dilaksanakan adalah di Cirebon, 20-22 April 2016; Tegal, 27-29 April 2016; dan Kendal 3-5 Mei 2016. Kemudian untuk selanjutnya akan diadakan di: Lasem, Temanggung, dan Medan pada akhir Mei dan awal Juni 2016.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *