Sasar Calon Taruna Terbaik, PIP Semarang Seleksi Peserta dengan Computer Assisted Test (CAT)

PIP Semarang - CAT 01(Semarang, 15/06/16) Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang tahun 2016 ini tidak lagi manual dengan menggunakan pensil 2B dan lembar kertas jawaban komputer, tetapi memakai metode CAT

“PIP Semarang sebagai penghasil tenaga pelaut profesional yang berstandar Internasional ingin mendapatkan calon taruna terbaik, sehingga dalam pelaksanaan seleksinya perlu menggunakan sistem yang bebas dari kecurangan,” kata Direktur PIP Semarang, Capt. Wisnu Handoko, M.Sc, M.Mar.

Direktur PIP Semarang menambahkan, upaya ini dilakukan PIP Semarang selaras dengan prinsip good governance dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan yang terbaik kepada masyarakat dan menjaga komitmen manajemen dalam pengelolaan keuangan yang transparan, jujur, bersih dan akuntabel serta taat pada peraturan. Untuk itu pendafaran Sipencatar tahun ini kami laksanakan secara on line dan pembayaran biaya pendaftaran bisa dilakukan oleh masyarakat langsung dari daerahnya masing masing tanpa harus datang ke loket pendaftaran.

PIP Semarang - CAT 02Animo yang besar dari masyarakat terlihat dalam setiap seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar). Untuk Sipencatar tahun ini jumlah peserta yang sampai pada tahap TPA adalah sebanyak 2.700 orang dari 3.780 pendaftar yang lulus verifikasi. Dari 2.700 peserta tersebut, terdapat 2.445 peserta yg mendaftar untuk PIP Semarang yang memiliki 3 prodi yaitu Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan sedangkan 255 peserta mendaftar untuk UPT lainnya. TPA dilaksanakan selama 4 hari, yaitu 14 -17 Juni 2016 dimana setiap harinya dibagi dalam 3 sesi dan masing-masing sesi terdapat 210 peserta.

Tes dengan menggunakan CAT ini merupakan sebuah terobosan baru dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Kementerian Perhubungan , instansi yang menaungi PIP Semarang. CAT (computer assisted test) adalah sistem tes menggunakan komputer dimana soal antara peserta yang satu dengan yang lain, bahkan yang duduk di sebelahnya bisa berbeda karena diacak. Sistem ini menggunakan perhitungan yang cepat sehingga begitu peserta selesai mengerjakan tes, nilainya bisa langsung keluar. CAT selama ini biasa dipakai untuk tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *