Lezatnya Tiram, Kuliner Laut Khas Pulau Tiban, Kendal

Tak lengkap rasanya datang ke suatu pulau atau daerah baru tanpa menikmati kuliner hasil alam atau masakan khas daerah tersebut. Ya, di Pulau Tiban, Kendal pengunjung dapat menemukan berbagai biota laut seperti udang, bandeng, kepiting, rajungan dan lain sebagainya. Ada satu yang khas menurut kelilingkendal.com yaitu Tiram.
.
Jika Anda berjalan sepanjang pesisir pantai pulau, kaki Anda mungkin terkadang tersandung batu atau sesuatu yang licin. Itulah tiram. Bentuk memang seperti bongkahan batu cadas, tapi sejatinya ia adalah makhluk hidup dimana penampakannya bila bagian “batu” dibelah, didalamnya ada sang tiram yang mirip kerang. Kelilingkendal.com mendapatkan info mengenai keberadaan tiram ini dari Sodrun, petugas lapangan kegiatan Fun Camp Pulau Tiban, Sabtu, 7 Oktober 2017.
.
Menurut Sodrun, tiram mudah ditemukan di pinggiran pulau Tiban. Bahkan suatu ketika dia bisa mendapat satu ember. Menurutnya mudah sekali memasak tiram, cukup direbus begitu saja bersama cangkangnya atau dengan dibakar atau digoreng. Tanpa bumbu pun sudah nikmat. Kami pun sudah mencobanya, dan benar, menikmati tiram rebus hangat di pagi hari, dengan kuahnya yang segar terasa sungguh lezat.
.
Namun bila Anda tak ingin repot mencari atau khawatir terluka terkena cangkang tiram yang keras, Anda bisa membeli dari nelayan Desa Kartika Jaya. Harga per kilo-nya tanpa cangkang Rp40rb. Kalau di pasar mungkin harganya bisa mencapai Rp60rb. Segitu sudah cukup banyak untuk bisa dinikmati satu keluarga. Salah satu penjualnya adalah pak Pu’i. Dia memiliki trik khusus untuk dapat menangkap/membudidayakan tiram dengan memasang suatu wadah khusus di tepian laut.
.
Dilansir dari https://www.infiline.com/344/kandungan-gizi-tiram-keamanan-makan-tiram-mentah/ dan http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-tiram-bagi-kesehatan.html, tiram atau oyster memiliki kandungan seng (zinc), kalsium, kalium, zat besi, magnesium, omega 3, dan vitamin B-12, namun rendah lemak dan kalori. Manfaatnya diantaranya adalah: meningkatkan kesuburan pada wanita, Meningkatkan kekebalan tubuh, Baik bagi kesehatan jantung, Membantu menurunkan berat badan, Membangun tulang yang kuat, mencegah Anemia, serta Pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.
.
Pulau Tiban adalah destinasi wisata baru Kabupaten Kendal. Anda bisa bermalam di sini, menikmati sunset, sunrise, menyalakan api unggun, juga menikmati berbagai kuliner khas laut. Anda dapat menghubungi pengelola Pulau Tiban, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kartika Jaya dan memilih berbagai paket kuliner menarik yang dapat segera disediakan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *