Menikmati Fenomena Ombak Bercahaya Hijau Kebiruan di Pulau Tiban, Kendal

Benarkah ombak bercahaya hijau kebiruan di Pulau Tiban, Kabupaten Kendal adalah satu-satunya di Indonesia? Entahlah. Bisa jadi iya, bisa jadi ada juga di daerah lain. Yang pasti ini adalah pengalaman pertama kelilingkendal.com melihat fenomena alam ini.

Jadi apa ombak bercahaya itu? Kalau dari pandangan mata, saat muncul ombak, dari bagian tengah muncul berkas berwana hijau-biru yang indah bergerak ke pinggiran hingga ombak menghilang. Fenomena ini kelilingkendal.com lihat sekitar jam 1 pagi dini hari, dan masa bulan purnama. Kebetulan Sabtu malam minggu, 7 Oktober 2017 kami mendapat kesempatan untuk mengikutin Fun Camp di Pulau Tiban.

Dilansir dari dreamers.id, cahaya biru yang muncul dari ombak sebenarnya adalah fenomena alam dimana ada mikroorganisme fitoplankton bernama dinoflagellata di laut menciptakan cahaya hijau kebiruan. Daerah wisata luar negeri yang cukup terkenal dengan fenomena ini adalah Maldives. Namun Indonesia khususnya warga Kabupaten Kendal patut bersyukur dan berbangga karena juga memiliki fenomena semacam ini.

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menyaksikan fenomena alam ini. Cukup berkunjung ke Desa Kartika Jaya, Kabupaten Kendal, letaknya tidak jauh dari ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang. Cukup dengan perjalanan darat kira-kira 35 Km ke arah Barat. Untuk menuju pulau Tiban, ada perahu kayu nelayan dan speed boat dengan biaya terjangkau p.p Rp15-20rb. Rata-rata perjalanan dari bibir pantai tidak begitu lama, sekitar 5-10 menit saja.

Bermalam di pulau kecil dengan panjang sekitar 1,5 Km ini akan menjadi pengalaman menyenangkan. Datang menjelang sore hari Anda dapat menikmat sunset, membuat api unggun, kemudian melihat tanaman bakau, bermain pasir pantai, menikmati kuliner laut tiram dengan mencarinya di sekitar bibir pantai, melihat sunrise dan siangnya bisa di bawah rindangnya pohon cemara laut.

Anda sebaiknya membawa tenda sendiri atau menyewa dari tempat langganan karena sementara ini pengelola Pulau Tiban, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) belum meyediakan. Untuk makan, Anda bisa membawa bekal dan peralatan masak portable atau berkunjung di sejumlah warung sederhana di sini. Namun bila ingin menikmati kuliner laut khas pulau tiban seperti udang dan bandeng, Anda dapat menghubungi Pokdarwis dan memilih berbagai paket kuliner menarik. Pulau Tiban memang baru menata diri. Belum ada wahana permainan pulau seperti snorkling, Banana Boat, Jet Ski, dll. Perlu perhatian dari banyak pihak untuk perawatan dan pengembangannya, termasuk soal kebersihan supaya lebih asri dan cantik lagi.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *