Tembang Pepadhang Ajak Sinau Nulis

Bulan Ramadan sama sekali tak menyurutkan niat Majelis Masyarakat Maiyah Tembang Pepadhang untuk berkegiatan. Terbukti, pada Senin, 11 Juni 2018 mulai pukul 20.00 hingga larut tengah malam berlangsung sinau menulis.

“Ini merupakan upaya dari Tembang Pepadhang untuk menghimpun siapa saja yang berniat untuk menggerakkan aktivitas belajar bersama. Kali pertama ini, kami buka dengan belajar menulis reportase. Setidaknya menjadi upaya dalam pembekalan pengetahuan tentang bagaimana menulis reportase,” tutur Bahrul Ulum A. Malik, salah seorang pegiat Tembang Pepadhang.

Ditambahkan oleh Bahrul, bahwasanya kegiatan “sinau menulis” yang digelar di Balai Kesenian Remaja (BKR) Kendal tersebut ditemani oleh Setia Naka Andrian, ia pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPGRIS (Universitas PGRI Semarang), yang juga sempat bekerja sebagai jurnalis di beberapa media massa.

Kegiatan yang dipandu oleh Budiawan, berlangsung dengan akrab, sangat jauh dari kesan kaku. Niatan tersebut memang sudah ditancapkan sejak awal, bahwa setiap kali diadakan pelatihan atau kegiatan lain, Tembang Pepadhang ingin menyelenggarakan kegiatan dengan secair mungkin.

“Ini kegiatan lain selain mejelis bulanan yang kami gelar pada setiap sabtu malam pada minggu terakhir setiap bulannya. Jadi selain ada majelis tersebut, kami ingin mencoba menggali potensi teman-teman pegiat serta masyarakat luas untuk turut serta melakoni pelatina ini. Meski kami ingin selenggarakan sederhana saja. Tak ingin terlalu repot, yang penting substansi kegiatannya bisa mengena. Setelah sinau menulis reportase ini pun, kelak akan berlanjut pada sinau-sinau yang lain. Misal sinau desain poster, sinau karikatur, dan sinau-sinau yang menarik lainnya,” ungkap Budiawan, salah seorang pegiat Tembang Pepadhang.

Sebelum sinau menulis berlangsung, para hadirin disambut dengan alunan musik akustik dari Dadang and Friends serta pembacaan puisi dari Akhmad Sofyan Hadi, M. Lukluk Anjaina Astmara, Bahrul Ulum A. Malik, dan Tanjung Alim Sucahya. Hadirin nampak larut dalam suguhannya yang pada saat itu hujan menyeruput se-cup kopi dan teh yang mereka buat di sela-sela kegiatan sinau nulis tersebut.

Materi tentang menulis reportase yang diisi oleh Setia Naka Andrian berlangsung dengan sangat cair. Bahkan kerap kali didapati sisipan-sisipan lelucon dalam proses penulisan reportase yang dialaminya.

“Pemberian materi selama kurang lebih 3 jam tersebut setidaknya telah berhasil menyampaikan materi dengan begitu baik, detail dan mudah diserap oleh peserta. Sesekali mas Naka pun menceritakan begitu banyak pengetahuan serta pengalamanya di bidang sastra, jurnalisme dan kepenulisan lainnya. Sambil beberapa kali menyeruput kopi, lalu menceritakan kembali dan menjabarkan materi-materi tentang bagaimana menulis reportase,” ungkap Sambas, salah seorang peserta sinau menulis.

Disampaikan oleh Naka, bahwasanya untuk mengawali menulis, maka seseorang harus berani mengawalinya. Awali dengan apa adanya. Deskripsikan apa yang dilihat oleh mata, dengarkan yang ditangkap telinga. Kemudian harus berupaya mencerna dengan baik apa saja yang didengar dengan detail dan khidmad. Seseorang pun harus mampu menyingkirkan pemikiran-pemikiran negatif. Misalnya ketakutan ketakutan yang muncul, takut jika reportase yang dibuat jelek, kurang menarik dan ketakutan lain dalam mengawali penulisan reportase.

“Para peserta sinau nulis ini, selanjutnya akan diminta untuk mencoba menulis reportase atas kegiatan sinau nulis reportase yang terselenggara ini. Dan kemudian akan dikirimkan kepada mas Naka, lalu diberi komentar dan yang terbaik akan diunggah di blog Tembang Pepadhang sebagai dokumentasi kegiatan. Lalu selanjutnya, membuka bagi para peserta untuk menulis reportase atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan Tembang Pepadhand atau kegiatan apa saja yang terselenggara di sekitar. Setidaknya upaya tersebut sebagai niatan untuk mengabdikan diri, mencatat segala aktivitas baik di sekitar,” pungkas Bahrul Ulum A. Malik. (TP/SBS)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *