Menikmati Alam dan Makanan Tradisional di Pasar Karetan

Kali ini kita mau ngomongin soal “Pasar Karetan” yang ada di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pasar Karetan ini bukan sembarang pasar tempat kamu biasa belanja sayur, ikan, daging, atau malah beras, tapi Pasar Karetan merupakan destinasi wisata digital dimana pengunjung dipancing dengan tampilan indah di media sosial untuk berkunjung. Dan dunia nyatanya lebih seru, pengunjung dapat menikmati suasana alam seperti hutan karet, sawah, bahkan angsa, burung dan sapi dalam kandang.

Selain itu tersedia berbagai kuliner tradisional khas seperti bakso batok, es rambut bidadari, pepes wader, bandeng bakar dan berbagai masakan menarik lain yang bisa dinikmati pengunjung. Tapi inget, mata uang rupiah nggak berlaku di pasar ini, melainkan girik yang terdiri dari pecahan: 2,5; 5; 10; 50 dan 100. Bila ingin bertransaksi di sini, tukarkan uang rupiahmu di pintu masuk atau di seberang pendopo sekretariat. Kamu bisa mendapatkan kembali sisa rupiahmu saat hendak balik.

Di Pasar yang awalnya adalah sebuah villa bernama Radja Pendapa ini terdapat sejumlah permainan tradisional yang bisa dicoba, seperti engklek, dakon atau congklak, mewarnai layang-layang, ayunan, hammock maupun memanah. Di posisi pusat pasar, terdapat plaza dilengkapi panggung tempat pengisi acara atau narasumber, yang berbeda setiap kali event. Pasar yang hanya buka jam 6 sampai 12 di hari minggu ini tema-nya selalu berganti. Semisal saat saya pertama kali datang ke sana, yaitu pada Pasar Karetan 6, Minggu, 10 Desember 2017, pengisi acara adalah komunitas Gadis Hammockers, alias komunitas para pencinta bentangan kain yang dikaitkan antar pohon atau tiang untuk tiduran. Lalu pada Minggu, 8 Juli 2018, hadir komunitas pencinta Motor Jadul MACI Kendal. Kemudian pada Minggu, 15 Juli 2018 Pasar Karetan kedatangan Polwan Cantik Herlina Swandy, kemudian dilanjutkan diskusi “Menguak Sejarah Area Boja dan Sekitarnya” bersama Komunitas pencinta situs sejarah “Dewa Siwa”. Satu lagi yang unik, di Pasar yang mulai beroperasi pada tahun 2017 ini, dari tempat parkir kendaraan kamu akan diantar dengan Odong-odong sampai ke tempat tujuan.

Nah, seru banget kan? Kalau mau ke Pasar Karetan ini gampang sekali, dari Semarang kamu bisa ke arah Ngaliyan, melewati BSB, sampai Mijen lalu belok kanan setelah lapangan Jatisari. Sedangkan kamu yang dari arah Kendal bisa lewat Kaliwungu, naik ke arah Boja, dan belok kiri sebelum lampu merah menuju arah Meteseh. Untuk simpelnya kamu bisa pakai Google Map dan ketikkan kata kunci Pasar Karetan – Radja Pendapa. Kamu bakal dipandu aman sampai di sana.

 

Liat keasyikan Pasar Karetan di video ini:

 

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *